Friday 20 January 2012

Understanding Depth of Field



  DOF atau Depth of Field (ruang fokus) sangat populer di kalangan fotografer. Kali ini saya ingin menjelaskan tentang DOF secara singkat.


  Sebenernya apa sih yg dimaksud dengan DOF? DOF merupakan area yg sangat tajam di sekeliling objek utama daripada area lain. DOF berurusan dengan ruang tajam objek yang terekam oleh sensor kamera.

f/9 - ruang fokus lebih luas, foreground dan background terfokus

f/5.6 - ruang fokus sempit, lebih terfokus pada objek

   Pada kedua foto diatas, dapat kita simpulkan bahwa aperture yg besar memiliki ruang fokus yg lebih luasss (lihat foto perahu nelayan) hal itu memungkinkan kita melihat bagian background dengan lebih jelas. Sedangkan pada foto yang kedua terlihat bahwa ruang tajam yang diatur lebih sempit, yang akan membuat latar belakangnya tampak blur.  Dan ruang tajam menjadi lebih terfokus pada objek (sang bebek).

  Pada kamera DSLR terdapat pengaturan mode Aperture Priority. Mode tersebut akan mempermudah fotografer untuk lebih mengatur DOF secara langsung, tentunya sesuai dengan aperture lensa yg tersedia.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Aperture kecil seperti f/5.6 memiliki ruang fokus yang sempit, sedangkan Aperture f/9 tentunya memiliki ruang fokus yg lebih luas.

 Nah, dapat disimpulkan bahwa Depth of Field akan bertambah seiring dengan f-number. F-number dengan angka rendah akan menempatkan sebuah objek pada fokus, sedangkan sekeliling objek menjadi blur (diluar fokus) karena ruang tajam objeknya yang sempit. Beberapa lensa dengan f-number sangat rendah terkadang menghasilkan vignette, dimana keempat sudut objeknya menjadi lebih gelap.

No comments:

Post a Comment